Senin, 21 Oktober 2013

Bekal Pengantin #1 [Pernikahan adalah salah satu nikmat Allah atas hamba-Nya]

Bismillahirrahmanirrahim..
Assalamu'alaikum wr.wb.

Read and share yuuu..
Waktu book fair dibraga tanggal 2 Oktober kemarin, aku beli buku nih. Tadinya cuma mau beli buku "Fiqih Wanita", tapi pandangan pertama langsung tertuju sama buku cantik bernuansa ungu yang dipajang disana. Karena diskonnya gede-gedean, jadinya beli 2 buku deh. "Bekal Pengantin" sama "Mukhtashar Fiqih Sunnah" karya Sulaiman bin Ahmad bin Yahya Al-Faifi. Fiqih Wanitanya jadi dipending dulu, soalnya dua buku ini aja kayanya bakal lama khatamnya. Hhehe..

Yang lagi dicicil sekarang tuh "Bekal Pengantin" yang ditulis oleh Mahmud Mahdi Al-Istanbuli, penerbitnya AQWAM. Nah biar bacanya jadi manfaat, coba dishare juga dikit-dikit. Jadi yang ga punya bukunya secara fisik bisa tau juga kaannn.

Aku share persub bab aja ya. Biar bisa dipahami n ga terlalu panjang.

Bismillah, yu mulai..

KEHIDUPAN BERUMAH TANGGA ITU IBADAH
a. Pernikahan adalah salah satu nikmat Allah atas hamba-Nya
Waaahh, judulnya aja subhanallah yah. Bayangin betapa gersangnya bumi ini kalo kosong dari kesenangan. Eits, kesenangan seperti apa dulu nih?? Karena itulah Allah meliputi seluruh insting kekekalan dengan sebab-sebab kesenangan. Nah tugas kita buat renungin hikmah itu dengan tujuan Allah agar lebih mulia. Karenaaa, cabang yang baik itu tidak akan muncul kecuali dari akar yang baik pula*(Al-Hayah Az-Zawjiyyah).

Kita berhadapan dengan sebuah ayat mulia, ayat yang tengah memancarkan cahaya, menebar kasih, mengguncang kejujuran dan kekuatan. Satu ayat dari rangkaian utuhnya yang dibawa oleh Rasulullah saw semenjak 14 abad yang lalu. Memberi pernyataan bahwa wanita merupakan bagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah yang Dia ciptakan dari (belahan) jiwa kaum laki-laki, bukan sebagai pelayan. Tercantum dalam firman Allah: "Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi kaum yang berfikir." (Ar-Rum:21)

Istri itu tempat suami melabuhkan dirinya. Setelah seharian cape-cape kerja, dipenghujung lelahnya ia kembali keperaduannya, siapa lagi kalo bukan istrinya. Dengan penuh kasih, sang istri menyambut suami dengan rona wajah berseri. Disaat itulah, suami menemukan pendengar setia yang menyimak segala kisah dengan penuh empati, hati yang penuh kasih, dan tutur kata yang manis nan lembut, meringankan beban berat yang dipikulnya bahkan menyirnakannya.

Istri itu tempat yang paling tentram buat suami. Tempat berteduh, melepas dahaga, memuaskan hasrat dalam naungan cinta, suka dan kesucian.
Begitu juga dengan suami, tempat paling dinanti. Bisa bayangin ga lelahnya suami atau istri yang selama berjam-jam bergelut dengan pekerjaannya diluar rumah? Lelaaahhh pastinya. Namun kita sebagai pasangannya harus mampu menghadirkan ketenangan, bahkan meringankan segala penat dan letihnya.
See?? Begitu indahnya pernikahan, salah satu nikmat Allah terdahsyat untuk hamba-Nya..

Alhamdulillah..
sub bab ini selesai deh, smoga seengganya bisa berbagi sedikit ilmu ya..
Aamiin..

Next pembahasan -> b.motivasi untuk menikah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar